Powered By Blogger

Kamis, 15 Oktober 2009

Dibalik makna dan daya jual sebuah Logo Apotek

Logo merupakan sebuah jembatan antara produsen dan konsumen dalam bertransaksi. Dengan adanya logo, konsumen akan lebih mudah mengenal serta membedakan produsen satu dengan yang lain. Bagi para produsen, sebuah logo dapat dijadikan daya tarik tersendiri terhadap para konsumen. Maka berlomba-lombalah para produsen menampilkan sebuah logo yang menarik, enak dilihat, memiliki nilai jual dan daya saing tinggi serta makna yang terkandung dibalik logo tersebut. Tak terkecuali apotek, tempat dimana para konsumen dalam hal ini masyarakat luas memenuhi kebutuhan akan obat guna menjaga kesehatan ataupun menyembuhkan penyakit mereka. Luasnya kebutuhan barang dan jasa obat maka dengan mudah kita dapat menemukan ratusan apotek di sebuah kota besar. Dalam rangka menghadapi ketatnya persaingan pasar di bidang penjualan barang dan jasa obat (apotek), maka para PSA (Pemilik Sarana Apotek) berlomba-lomba membuat logo terbaik sebagai simbol apotek mereka guna memperkenalkan dan semakin mendekatkan diri dengan para konsumen. Tak terkecuali 3 apotek besar dan telah memiliki nama di hati para konsumen. Ketiga apotek tersebut antara lain Apotek waralaba K-24 dan Guardian serta apotek Century. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membandingkan ketiga logo apotek tersebut dari berbagai sudut pandang menurut interpretasi saya pribadi sebagai mahasiswa farmasi dan seorang calon apoteker.

APOTEK K-24




Apotek K-24 mencoba menampilkan logo dengan komposisi warna yang cerah dan menarik perhatian. Kombinasi warna dominan hijau, merah, kuning dan putih sangat kontras dan mencolok. Logo yang simple dan tidak terlalu rumit menjadikannya mudah diingat oleh para konsumen. Sentuhan Pharmacy nya terlihat pada tulisan K warna putih dan 24 warna merah seolah-olah berada dalam kapsul warna kuning-merah . Apotek K24 sendiri memiliki arti yaitu singkatan dari Apotek Komplit 24 jam atau bisa diartikan sebagai apotek yang menjual berbagai macam jenis obat yang lengkap serta buka 24 jam penuh dan siap melayani konsumen sehari penuh. Dilihat dari makna kombinasi warna dibalik logonya, ternyata si Empu nya memiliki filosofi tentang keanekaragaman dalam beragama masyarakat Indonesia. Hijau mewakili warna agama Islam dimana warna ini mendominasi dan menunjukan mayoritas pemeluk agama di Indonesia adalah islam, kemudian diikuti warna merah yang mewakili umat Kristiani, lalu kuning dan putih mewakili umat agama minoritas di Indonesia yang bila dikombinasikan akan menjadi kombinasi warna yang indah. Informasi ini saya ambil langsung dari http://apotek-k24.com/index.php?option=com_content&task=view&id=20&Itemid=35

APOTEK GUARDIAN




Apotek Guardian mencoba menampilkan logo yang simple dan eksklusif dilihat dari perpaduan warna biru gelap dengan tulisan guardian warna putih serta logo penari balet (menurut interpretasi saya) didalam lingkar warna orange. Sentuhan pharmacy tidak saya temukan disini, mayarakat awam yang melihat logo ini tanpa tahu sebelumnya bahwa guardian merupakan apotek, akan sedikit bingung. Barulah masyarakat tahu bahwa logo ini merupakan logo apotek setelah membaca tulisan Pharmacy – Health & Beauty yang berwarna kurang kontras dengan putih (bagi saya) karena warna orange yang ditampilkan kurang gelap dan terlalu cerah. Dari segi makna dibalik logo ini, menurut saya kata guardian member arti perlindungan atau bila dikaitkan dengan dunia pharmacy atau pengobatan akan memiliki arti melindungi anda dari penyakit serta membantu penyembuhan anda sehingga terlindung dari akibat fatal suatu penyakit seperti kematian. Gambar penari balet di dalam lingkar orange memberi arti bahwa guardian juga menyediakan keperluan perawatan kecantikan anda para kaum Hawa. Karena menurut saya penari balet identik dengan kelembutan, keindahan, kecantikan, serta biasa diperankan oleh para wanita dibanding pria. Kesimpulan yang saya ambil yaitu bahwa logo apotek Guardian simple, eksklusif, mudah diingat, sarat makna, tetapi kurang sentuhan farmasi di dalamnya.

APOTEK CENTURY



Apotek Century atau Century Healthcare menampilkan logo yang eksklusif tak kalah dengan guardian serta tulisan Century putih besar yang sangat mendominasi logo tersebut. Dari segi warna, logo terlihat simple dan sangat mudah diingat seperti halnya guardian hanya saja warna dominasi yang digunakan yaitu hijau tosca (kalau gak salah), warna tersebut cukup kontras dengan tulisan putih di dalamnya. Nilai lebih dari logo Apotek ini terlihat dari sentuhan pharmacy yang ditunjukan lambang kesehatan (simbol plus +) warna hijau yang dihimpit warna orange. Simbol tersebut yang akan bertanggung jawab memperkenalkan kepada konsumen bahwa ini merupakan logo sebuah Apotek. Kesimpulan saya bahwa logo Apotek Century jelas, eksklusif, mudah diingat dengan tulisan Century yang besar serta logo plus + nya member sentuhan dunia medis dan pengobatan sehingga logo tersebut mudah dicerna masyarakat bahwa itu logo sebuah Apotek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar